4 Tips Hemat untuk Freelancer dengan Penghasilan Tidak Tetap

Tips Hemat untuk Freelancer dengan Penghasilan Tidak Tetap

Di era digital seperti sekarang profesi freelancer semakin digemari oleh banyak orang. Profesi ini memang punya banyak kelebihan dan salah satunya adalah bisa mengatur waktu secara fleksibel. Namun seorang freelancer punya tantangan besar dalam mengatur keuangannya agar bisa mencukupi semua kebutuhan. Inilah dia 4 tips hemat untuk freelancer dengan penghasilan tidak tetap:

1. Catat Jumlah Pendapatan

Pertama, catat dulu berapa banyak jumlah uang didapat dalam jangka waktu satu bulan. Freelancer mungkin tidak punya penghasilan yang pasti tapi tetap bisa memperkirakan berapa besar uang yang akan diterima. Catat dulu sumber penghasilan yang akan masuk, misalnya project apa saja yang dikerjakan pada satu bulan. Catatan ini akan dipakai sebagai panduan untuk berhemat. 

2. Susun Skala Prioritas

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, maka kamu perlu berbelanja. Agar lebih hemat cobalah untuk menyusun skala prioritas terlebih dahulu. Urutkan dulu mana yang jadi kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Selalu prioritaskan kebutuhan yang memang penting dan tidak bisa ditunda. Jika ada sisa uang baru gunakan untuk memenuhi kebutuhan lain.

3. Harus Ada Tabungan

Jika kamu ingin berhemat, maka cobalah untuk selalu menganggap tabungan sebagai yang utama. Sisihkan uang yang kamu miliki dan alokasikan sebagai tabungan atau dana cadangan. Sangat disarankan untuk mengesampingkan kebutuhan tersier asalkan tetap bisa menabung. Jika sudah dialokasikan dulu untuk tabungan maka akan terpacu lebih hemat karena sisa uang terbatas. 

4. Pakai Prinsip Minimalis

Saat ini bukan zamannya lagi mengedepankan gengsi. Jangan menghabiskan uang hanya untuk memburu tren. Terapkan prinsip hidup minimalis agar kamu bisa lebih hemat dan bijak memakai uang. Saat mendapat banyak project dan pemasukan lumayan besar maka jangan tergoda untuk hidup mewah. Tetap terapkan prinsip minimalis agar keuanganmu tetap stabil.

Terapkan tips hemat untuk freelancer ini agar kamu bisa tetap memenuhi kebutuhan hidup sekaligus menabung. Pastikan kamu juga terus meningkatkan keterampilan diri agar lebih mudah mendapat project besar. Semakin besar penghasilan yang dimiliki maka semakin mudah pula untuk mengatur finansial. Sediakan dana tabungan yang memadai karena ini menjadi kunci bagi freelancer untuk hidup mapan.

0 komentar:

Post a Comment