Penyebab Terjadinya Error pada E Bupot PPH 23

Penyebab Terjadinya Error pada E Bupot PPH 23

Ebupot merupakan sebuah aplikasi yang dibuat untuk memudahkan proses pemotongan bukti pajak yang bisa dilakukan kapan saja. Tidak perlu repot mengantri lagi karena bisa mengakses aplikasi ini. Butuh jaringan yang stabil agar tidak terjadi masalah. Berikut ini beberapa penyebab terjadinya error pada E Bupot PPH 23.

Kesalahan Pengisian

Error yang terjadi pada E bupot bisa disebabkan karena adanya kesalahan pengisian data di saat pendaftaran. Kesalahan biasanya ada di keliru mengisi Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) yang masih menggunakan aturan lama. Perlu diketahui bahwa aturan terbaru besaran penghasilan tidak kena pajak adalah Rp54.000.000,00. 

Jadi, pastikan sudah mengisi data dengan benar ya. Lakukan pengecekkan di semua kolom. NIK dan nomor SKB juga jangan lupa dicek. Pemeriksaan data lebih mudah dengan klik menu cetakan untuk melihat semua data secara keseluruhan. Setelah itu, jangan sampai salah mengisi captcha yang diminta. 

Browser yang Bermasalah

Penyebab error pada aplikasi juga karena banyaknya cache pada browser Anda. Di mana error ini perlu dilakukan pembersihan cache agar semua data sebelumnya yang bikin masalah error bisa teratasi. Log out dari laman e-bupot, bersihkan cache dan cookies. 

Cara singkatnya dengan menggunakan tombol CTRL + Shift + Delete secara bersamaan. Kemudian log in kembali dengan mengatur halaman browser menjadi private browser supaya tidak terulang lagi permasalahannya. 

Adanya Gangguan Aplikasi

Penyebab error juga bisa karena adanya gangguan pada aplikasi. Di mana saat ada gangguan aplikasi memang tidak bisa dilanjutkan untuk proses ebupot. Anda bisa menghubungi call center DJP untuk menanyakan permasalahannya dan kapan ada informasi aplikasi bisa digunakan kembali.

Koneksi Internet

Berhubung online tentu untuk mengakses aplikasi dibutuhkan koneksi yang stabil. Masalah koneksi internet bisa menyebabkan beberapa error yaitu error bad gateway yang membuat Anda tidak bisa log in. Solusinya klik Ctrl+Shift+R dan lakukan login kembali. Error lainnya bad credential terjadi karena salah user dan password, jadi ulang kembali dan masukkan dengan benar.

Kesalahan Bruto dan Neto

Error pada saat menggunakan E Bupot PPH 23 bisa juga disebabkan karena jumlah bruto yang dimasukkan adalah 0. Anda harus memasukkan bruto penghasilan lebih dari nol. Bisa juga disebabkan karena netto yang tidak valid. Cek terlebih dahulu nilai perkiraan netto bupot di PPH 26. Selain itu, taris Skd juga harus lebih besar dari nol.

Pernah Dilakukan Pembetulan Bupot

Masalah error juga bisa terjadi karena bukti potong sudah pernah dibetulkan, maka Anda harus mengecek kembali Bukti Potong yang sudah pernah dibetulkan apa saja perubahannya. Error juga bisa karena bukti potong yang sudah pernah dibatalkan agar Anda mengetahui adanya kesalahan di mana. Kendala akses bukti potong juga bisa error jika sudah dihapus. 

Akun Terakses di Tempat Lain

Error yang dialami saat mengakses ebupot juga bisa disebabkan karena user dibuka di tempat lain atau saat sesi belum habis browser ditutup tanpa log out. Anda bisa mencoba menghubungi admin untuk meminta dilakukannya release user yang sedang aktif di sesi atau tempat akses tersebut. Setelah itu baru Anda coba untuk kembali log in. 

Penyebab error pada saat menggunakan aplikasi E Bupot PPH 23 bisa diatasi sesuai permasalahannya. Hanya saja tentu membuat proses bupot jadi memakan waktu. Jika permasalahan ini terus menerus terjadi, Anda barangkali perlu mempelajari langkah-langkah penggunaan e bupot dengan lebih teliti.

0 komentar:

Post a Comment