4 Cara Sederhana Membuat Bisnis Cafe Kamu Semakin Laris

Cara Sederhana Membuat Bisnis Cafe Kamu Semakin Laris

Dalam mengelola sebuah café km membutuhkan perencanaan strategis mulai dari anggaran dana, merencanakan konsep, mengetahui harga butter cream siap pakai untuk kebutuhan makanan, juga mengatur menu. Zaman sekarang bisnis café atau coffee shop kerap digemari banyak sekali anak muda karena mereka bisa menyantap makanan kekinian sembari melakukan berbagai kegiatan seperti nongkrong, mengerjakan tugas atau sekedar bersantai. Karena besarnya potensi yang dimiliki otomatis bisnis tersebut juga memiliki banyak saingan. Oleh sebab itu 4 tips di bawah ini dapat membantu bisnis kafe kamu lebih laris.

1. Survey Harga Kafe Sekitar

Tidak seperti bisnis kuliner online, bisnis kafe akan tergantung daripada masyarakat sekitar karena memang kelebihan dari kafe itu sendiri adalah tempat yang bisa kita gunakan bersama-sama. Oleh sebab itu kamu harus lebih memperhatikan kelebihan dan kekurangan kafe di sekitar kamu. Dengan mengetahui kondisi dan kisaran harga kafe yang memiliki konsep sama dengan yang kamu miliki, kamu bisa lebih bijak dalam menentukan produk dan juga harga yang kamu tawarkan kepada pelanggan. 

2. Memiliki Produk Khas

Apabila kamu perhatikan dengan seksama tiap kafe memiliki produk “signature” atau produk khas kafe mereka sendiri. Hal ini dilakukan agar mereka memiliki produk unik yang bisa mereka andalkan dan tidak ada di kafe lain. Hal ini juga harus kamu pertimbangkan, pikirkan produk khas yang bisa kamu ciptakan dengan memperhatikan minat dan kesukaan orang sekitar. Jangan lupa tawarkan harga yang sama atau lebih murah daripada pesaing kamu, apabila kamu ingin menawarkan dengan harga yang lebih mahal pastikan produk kamu unik dan berkualitas.

3. Ciptakan Tema

Kafe identik dengan tempat nongkrong, oleh sebab itu usahakan buat tempat kafe kamu senyaman mungkin. Menambahkan tema dapat menjadi salah satu nilai jual tersendiri kepada pelanggan karena mereka akan mendapatkan sensasi yang berbeda apabila dibandingkan dengan kafe lain. Pada penggunaan budget yang cukup besar kamu bisa mengubah tempat nongkrong seperti cat tembok, wallpaper, dan aksesoris lainnya dengan tema yang kamu inginkan. Akan tetapi apabila kamu memiliki budget yang terbatas kamu bisa menambahkan beberapa furniture dan aksesoris sederhana dengan tema atau warna yang sama dengan warna dominan di kafe kamu.

4. Sediakan Layanan Berbasis Online

Saat ini bisa dikatakan sebagai era transisi dunia digital yang mana hampir semua hal bisa kita lakukan secara online. Mengingat kafe adalah bisnis konvensional yang mentargetkan orang sekitar dan kurang bisa dinikmati secara online, namun kamu masih bisa menyiapkan beberapa pelayanan. Contoh pelayanan online yang bisa kamu sediakan adalah layanan delivery dan media sosial. Dengan begitu kamu bisa terus berinteraksi dengan pelanggan selama 24 jam.

Jangan lupa sediakan berbagai macam fasilitas seperti akses internet, musholla dan kamar mandi yang bersih agar pelanggan dapat melakukan kegiatan mereka dengan lebih nyaman. Gunakan filter air bersih, agar air yang digunakan di kafe tersebut tidak kotor.

0 komentar:

Post a Comment