Wajib Tahu, Inilah 6 Makanan Khas Medan yang Bikin Ketagihan!

Melakukan perjalanan ke Medan, Sumatera Utara, tanpa merasakan pengalaman kuliner? Kamu tidak sedang bercanda, kan? Pasalnya, destinasi wisata ini menyimpan pesona masakan yang akan bikin ketagihan.

Sesaat setelah mendarat, kamu bisa menikmati racikan Soto Medan sebagai hidangan pembuka. Lalu, untuk menu berikutnya, yuk baca artikel ini sampai habis untuk mengetahui deretan makanan khas Medan yang dijamin lezat.

Soto Medan

Soto Medan
Source: cookpad.com

Hampir semua daerah di Indonesia memiliki resep soto khas tersendiri. Begitu pun dengan Medan, soto Medan tak kalah menggiurkan untuk dicicipi. Makanan khas Medan ini memiliki kuah santan yang berwarna kuning kehijauan. Ciri khasnya adalah jintan sebagai rempah andalan. Untuk menikmati soto Medan, makanan ini memiliki beraneka macam lauk sebagai isian. Mulai dari udang, daging sapi, hingga daging ayam. Tak hanya itu, perkedel kentang dan rempeyek udang tak boleh ketinggalan untuk menyempurnakan sajian ini.

Lontong Medan

Ingin memulai hari dengan seru? Nikmatilah Lontong Medan dan rasakan sensasi gurih dan sedap di setiap sendokan. Makanan khas Medan ini dapat dengan mudah ditemukan di hampir semua jalan di Kota Medan. Untuk seporsi Lontong Medan, biasanya memiliki isian berupa lontong, tauco, kuah sayur, mie, bumbu kacang, sambal teri, dan kerupuk. Tak jarang pula, menu sarapan ini disajikan dengan telur dan perkedel. Setelah menikmati hidangan ini, bersiaplah untuk menikmati tempat wisata di Medan dengan semangat baru.

Mie Gomak

Mie Gomak
Source: merdeka.com

Gomak, dalam bahasa Batak, berarti digenggam dengan tangan. Nah, Mie Gomak berasal dari kata tersebut karena cara penyajian makanan khas Medan ini dengan cara digenggam dengan tangan. Hanya saja, Mie Gomak sudah tak selalu digenggam lagi saat dihidangkan. Namun, cita rasa Mie Gomak masih tetap bikin lidah bergoyang. Mie ini kerap disebut sebagai spageti Batak karena memiliki bentuk lidi seperti makanan khas Italia tersebut. Mie Gomak dapat dinikmati dengan pilihan kuah ataupun digoreng. Apapun pilihanmu, pastikan untuk menikmati Mie Gomak dengan campuran bumbu khas, yaitu jeruk andaliman. 

Bihun Bebek

 

Bihun Bebek
Source: ksmtour.com

Tak hanya mie, makanan khas Medan lainnya adalah Bihun Bebek. Kombinasi bihun dan daging bebek terasa begitu klop di lidah. Bahan bihun merupakan tepung beras dan tepung kanji, sehingga tekstur bihun terasa kenyal. Kemudian, dituang ke dalam kuah dengan lauk spesial berupa bebek. Kandungan minyak dan lemak di kuahnya menjadikan bihun bebek lebih sehat dan menggugah selera. Makin nikmat lagi dengan taburan kucai dan sambal asam pedas.

Bakso Lembu

Meskipun bakso lebih sering diasosiasikan sebagai makanan khas Jawa, Medan memiliki karakteristik tersendiri dengan adanya Bakso Lembu. Tidak berbahan baku daging sapi ataupun ayam, bakso lembu berupa daging lembu yang sudah digiling lalu dicampur dengan tepung dan berbagai rempah khas. Keunikan bakso lembu karena memiliki rasa daging yang kuat dan pastinya membuat ingin lagi dan lagi.

Saksang

Saksang
Source: genpi.co

Suku Batak yang mayoritas memeluk agama Kristen memiliki makanan tradisional yang berbahan daging babi. Ialah Saksang, makanan khas Medan ini berupa daging babi yang dicincang kasar, kemudian diberi bumbu berupa rempah-rempah lokal dan santan. Tak hanya itu, kebanyakan penyajian Saksang juga dicampur darah hewan. Saksang merupakan makanan wajib dari perayaan adat Batak, seperti pernikahan atau syukuran lainnya. Namun, sejumlah rumah makan di Medan juga menyajikan Saksang. Jadi, bagi yang beragama Islam, sebaiknya harus berhati-hati untuk memastikan hidangan yang disajikannya tidak mengandung daging babi.

Wisata alam, wisata budaya, maupun wisata kuliner dapat kamu lakukan di Medan. Sebelum berkunjung, bacalah lebih lengkap tentang destinasi dengan beragam potensi wisata ala Medan di situs Wonderful Indonesia.

0 komentar:

Post a Comment