Usaha Sampingan Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga di Desa

Usaha Sampingan Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga di Desa

Menjadi seorang ibu rumah tangga tentunya memiliki tanggung jawab yang penuh terhadap rumah, suami dan anak – anak. Mungkin tidak banyak rutinitas yang dilakukan ibu rumah tangga lain selain membersihkan rumah, mengurus suami dan anak – anak. Bahkan tak jarang banyak ibu rumah tangga yang bosan jika hanya berdiam diri dirumah dan tidak produktif.

Tetapi memang tidak dapat dipungkiri jika tuntutan kehidupan pada masa sekarang memang bukan saja menjadi urusan suami, melainkan juga seorang istri. Status istri pun tidak hanya menjadi ibu rumah tangga belaka, tapi juga peranannya dalam berbagai segi kehidupan, termasuk turut membantu suami dalam hal ekonomi rumah tangga.

Misalnya, di perkotaan terdapat banyak wanita karier yang bekerja walaupun sudah bersuami yang tujuannya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Keadaan sosial seperti itu tak jarang ditemui di kota-kota.

Sebaliknya para ibu rumah tangga yang berada di desa-desa juga tidak selalu menggantungkan kehidupannya pada rezeki suami saja. Mereka pun dengan caranya sendiri melakukan berbagai usaha sampingan yang menguntungkan.

Inilah peluang usaha sampingan yang terbuka bagi semua ibu rumah tangga yang ada di desa. Dengan memiliki usaha sampingan, maka akan membantu perekonomian keluarga dan waktu senggang dapat dimanfaatkan dengan baik.  Banyak kisah sukses yang diutarakan oleh kaum ibu rumah tangga meski kegiatannya tidak meninggalkan tugas utama mengurus anak dan suami.

Nah berikut ini rangkuman mengenai usaha sampingan yang cocok untuk ibu rumah tangga di desa.

1. Membuka warung
 

Usaha sampingan yang cocok dilakukan ibu rumah tangga yang pertama adalah membuka warung. Warung ini dapat Anda buka di rumah. Tidak perlu menyewa tempat, Anda hanya perlu memaksimalkan ruang kosong yang ada di rumah. Misalnya, di depan rumah Anda dijadikan warung sehingga dari arah depan orang-orang bisa melihatnya.

Nah selain itu, Anda juga tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. Untuk memulainya, Anda setidaknya mampu melihat pasar, misalnya, makanan/minuman yang paling disukai anak-anak di sekitar rumah. Jadi cobalah untuk menjual aneka jajanan seperti kerupuk, kue, minuman segar dan banyak lagi.

2. Membuat jasa menjahit


Tentunya persaingan di daerah pedesaan lebih sedikit dibandingkan dengan persaingan di perkotaan. Inilah salah satu keuntungan seseorang yang membuka sebuah usaha di pedesaan. Salah satunya yaitu jasa menjahit, jasa menjahit dihargai lumayan mahal per jahitannya sesuai tingkat kesulitan menjahitnya, apalagi jika Anda bisa menjahit dengan berbagai model – model terbaru dan terupdate saat ini.

3. Membuka usaha kue
 

Kue dan berbagai jenis makanan manis sangat diminati terutama bagi anak – anak tapi orang dewasa juga. Cobalah menambahkan beragam variasi dalam kue Anda seperti kue ulang tahun yang bisa Anda kreasikan sesuai dengan keinginan pembeli. Walaupun masih tahapan desa, namun peminat kue – kue seperti ini banyak juga.

4. Usaha berjualan sayur
 

Usaha seperti ini akan tetap diminati bagi para penduduk desa. Anda cukup melakukan penanaman berbagai sayuran yang mudah dan bisa diperjualbelikan di pasar atau di rumah Anda jadi para tetangga tidak ke pasar lagi untuk membeli sayuran ke pasar.

5. Menjual gorengan


Membuka warung khusus gorengan merupakan ide usaha yang sangat fleksibel dijalankan dimanapun dan kapanpun. Pasalnya, tak jarang banyak orang yang menyukai jenis makanan ini.

Peralatan penting yang harus ada yang pastinya peralatan dapur yang biasa dipakai oleh ibu rumah tangga yaitu kompor gas, wajan besar dan beberapa perlengkapan memasak seperti tempat membuat adonan bahan makanan dan beberapa toples untuk tempat tepung, minyak goreng dan sebagainya.

6. Membuat jasa catering


Jika Anda memiliki keahlian dalam menciptakan hidangan yang lezat, usaha catering bakal cocok untuk Anda jalankan. Cukup dengan membuat spanduk besar dan pamflet bahkan fotokopian saja untuk promosinya.

Anda harus menyebarkannya jasa catering Anda ke seluruh penjuru kampung atau desa serta beberapa kantor instansi di desa dan sekitar tempat tinggal Anda. Anda juga harus rajin menawarkan berbagai menu plus keunggulan dari produk makanan olahan Anda.

7. Berjualan Online


Modal utama peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal satu juta yang satu ini berupa HP dan kuota internet saja. Anda hanya perlu menggunakan media sosial saja untuk bisa berbisnis dengan cara ini.

Nama nya saja berjualan online berarti toko Anda adalah akun media sosial seperti Facebook atau Instagram serta media sosial lainnya. Anda hanya perlu up date berbagai gambar dan informasi mengenai produk yang Anda jual pada akun media sosial Anda. Lakukan promosi secara rutin lama-kelamaan akan banyak yang akan membeli barang-barang yang Anda jual. Tapi jangan terlalu terburu nafsu, terlalu sering posting bakal membuat orang menjadi gampang bosan.

Nah itu tadi merupakan usaha sampingan untuk ibu rumah tangga yang mungkin saja dapat menjadikan ibu rumah tangga lebih produktif.

0 komentar:

Post a Comment